Saya Tak Ingin (Merasa) Sampai

tumblr_inline_ov3k4qocw11t773pi_500

Kenapa tulisan saya harus dibaca orang? Sementara ada yang lebih perlu dibaca daripada tulisan acak-acakan ini. Alquran terutama. Waktu sangat berharga dan tidak untuk ditukar dengan tulisan yang nir makna.

Tombol suka dan komentar-komentar di media sosial seringkali bernada menyemangati, memuji, sampai mendorong untuk menerbitkan buku menjadi sangat menyilapkan pandangan kalau tulisan yang dihasilkan sudah layak dipublikasikan. Lalu jumawalah kita, atau saya lebih tepatnya dengan tepuk tangan orang-orang yang menilai dengan serampangan akibat mereka pun jarang membaca karya-karya bagus dan berkelas.

Diri ini terbang dengan sayap-sayap yang tercipta dari riuh pernyataan kekaguman orang-orang terhadap sesuatu yang telah dibacanya. Bila didalami kembali, itu adalah jebakan yang memerangkap diri pada kemerasacukupan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas.

Saya tak ingin masuk perangkap. Sebab terperangkap berarti tertahan untuk bisa berlari dan memberikan yang terbaik dari akumulasi hal-hal baik lainnya. Saya ingin terus belajar, terus menulis dengan benar dan membenarkan perkara-perkara keliru dalam berpikir hingga mengeksekusi pikiran itu lewat kata-kata yang dirangkai menjadi kalimat utuh sebagai wadah tempat gagasan bersemayam.

Saya ingin terus merasa tak pantas untuk berbangga karena memang tiada yang bisa dibanggakan dari apa yang telah dihasilkan. Saya tidak benar-benar melakukannya. Saya hanya mencoba-coba membuat sesuatu dengan keterampilan yang kurang dan pengetahuan yang kebanyakan dikarang-karang.

Sangat betul, ini hanya rangkaian percobaan-percobaan. Ini proses untuk terus menuju yang tentu tidak untuk menjadi. Sebab menjadi, berarti memutuskan diri untuk berhenti. Saya ingin tak pernah (merasa) sampai. Karena sampai berarti berjeda dari terus berupaya.

Muhammad Irfan Ilmy | Bandung, 22 Agustus 2017

sumber gambar: theodysseyonline.com

Saya Tak Ingin (Merasa) Sampai

Leave a Reply

