Berlari Lebih Kencang

tumblr_inline_oudkulivhj1t773pi_500

Tak ada alasan sama sekali untuk berhenti belajar. Sebab dunia terus berkembang dan hal-hal baru tak terelakan lagi keberadaanya. Kebenaran hari kemarin bisa jadi direvisi lewat penemuan-penemuan baru keesokan harinya. Terus berlanjut seperti itu berulang-ulang. Membentuk siklus. Maka bila seseorang merasa paling paham atas satu hal, siap-siaplah ia akan terperosok pada lembah nista penuh gelap yang sungguh pengap.

Poin saya mengenai belajar ini akan secara khusus diarahkan pada tentang menulis dan membaca. Saya makin merasa kecil dihadapkan dengan mereka yang lebih dulu menulis dan lebih awal tulisannya bagus dan membuat setiap pembaca terkagum-kagum. Mereka sudah di jarak yang jauh, dan saya baru mengambil ancang-ancang, harus berlari dengan lebih kencang.

Lebih banyak melakukan mungkin bukan satu-satunya cara untuk menggapai kualitas lebih dalam berkarya. Tapi melakukannya memang tak pernah sia-sia. Melacak kiprah orang-orang yang dimaksud menibakan saya pada satu kesimpulan, mereka berbuat dengan edan-edanan. Tak peduli usia masih muda, mereka melakukannya dengan kesungguhan yang penuh. Saya dihinggapi malu yang berlebih. Meski dalam waktu bersamaan jadi tersadarkan. Jika berbuat dengan tulus tak perlu mengharap dielu-elukan.

Mereka harus dilewati. Namun bukan untuk dikalahkan. Mereka teman berlari yang bisa membuatmu enggan bersantai-santai. Musuh sesungguhnya adalah duplikasi dirimu yang menyuruh melakukan hal-hal tak berguna terlebih merugikan.

Muhammad Irfan Ilmy | Bandung, 8 Agustus 2017

Sumber gambar: Running.competitor.com

Advertisements
Berlari Lebih Kencang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s