Ramadhan #23: Ikatan yang Kembali Terlepas

aku sudah mengencangkan ikatan di ingatanku

agar ia tak pergi-pergi lagi pada masalalu

tapi seringnya ikatan itu kembali terbuka

oleh keinginan tak tertahankan

kau juga selalu mengetuk pintu tempatku tidur

jika aku tak membukanya,

engkau masuk lewat lubang kunci sebagai seseorang

yang kukarang-karang sendiri

membukakan ikatan yang memang

sudah melonggar mata simpulnya

aku selalu tak berhasil membendung rekaman itu kembali terputar

aku lalu tak bisa pergi dan dipaksa diam

menyaksikan apa-apa yang ditayangkannya

Bandung, 18 Juni 2017

Dan saya menemukan kebuntuan mau nulis apa. Begini nih kalau enggak ada persiapan. Lalu sebelum nulis jurnal tiba-tiba ada dorongan aja buat nulis pupuisian.

Awalnya memang mau menjadikan puisi itu sebagai postingan biasa, bukan jurnal. Tapi sambil nyari bahan apa yang mau dituliskan, saya bingung sendiri. Ya, sudah deh, puisi tadi saya jadiin jurnal saja.

Namanya juga jurnal pribadi, tidak ada ketentuan khusus selain semau penulisnya. Ya, tapi saya juga sebisa mungkin tetap mempertimbangkan ada unsur kebaikan pada setiap tulisan yang ditulis.

Yang terpenting, sebisa mungkin setiap hari ada yang disetorkan di tumblr ini. Project jurnal ilmyah saya memang berbasis di sini. Adapun di instagram hanya sebagai media publikasi saja. Komitmen nulis ini saya dibuat antara saya dan diri sendiri. Ketika ada pembaca yang merasa terpapar manfaatnya, ya itu alhamdulillah, sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui.

Ternyata bertempur dengan diri sendiri memang sulitnya minta ampun. Makanya betul sekali perkataan Rasulullah bahwa jihad akbar adalah jihad melawan nafsu yang bercokol di dalam diri kita.

Semoga besok-besok jurnalnya bisa lebih baik lagi dan melalui proses persiapan yang matang.

Muhammad Irfan Ilmy | Bandung, 18 Juni 2017/ 23 Ramadhan 1438 H

sumber gambar: Pixabay.com

Ramadhan #23: Ikatan yang Kembali Terlepas

Leave a Reply

